Jumat, 06 Maret 2015

GOOGLE ADWORDS VS FACEBOOK ADS UNTUK BISNIS KECIL

Google Adwords atau facebook advertising mana yang lebih baik untuk bisnis kecil ? sebelum saya menyimpulkan media promosi mana yang terbaik, apakah itu Adwords atau Fb ads, mari kita teliti lebih dalam lagi 





Pertama tama yang harus kita pahami sebelum kita memilih media periklanan, kita harus memahami bisnis kita itu apa, dan pelanggan yang seperti apa yang terbaik untuk bisnis kecil kita! ada beberapa kasus tertentu dengan menggunakan FB ads, jauh lebih baik dan lebih efisien ketimbang SEM Adwords! akan tetapi ada juga beberapa bisnis tertentu yang memang diharuskan menggunakan iklan adwords agar konversi yang dihasilkan lebih maksimal!

Sebagai contoh anda menjual produk seputar wanita! entah itu baju, tas, sepatu atau produk produk kosmetik! pada dasarnya sah sah saja, jika kita menggunakan Adwords, karena pada umumnya ketika seseorang menggunakan mesin pencari google, hal tersebut sudah menjadi indikasi yang jelas, bahwa orang tersebut sedang butuh atau hanya sekedar mencari informasi akan produk yang dia inginkan! akan tetapi ada beberapa hal yang harus kita pahami, bahwa ketika seseorang menggunakan mesin pencari dan mengetik kata kunci sebuah produk , bukan jaminan bahwa dia akan membeli produk tersebut!  karena bisa saja dia sedang mencari perbandingan harga ;)

80% pengguna baru media periklanan menganggap bahwa periklanan Google adwords adalah yang terbaik di muka bumi ini ;) betul tidak! akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar! karena pada dasarnya FB ads, dan Adwords adalah dua alat yang sama akan tetapi mempunyai beda karekteristik pengunjung! jika kita menjual produk produk yang memerlukan personal approach, atau pendekatan pribadi! seperti produk produk fashion, dan sebagainya! menggunakan iklan adwords bisa dibilang akan membuat usaha anda gulung tikar ;) mau tau alasannya kenapa ? mungkin nggak anda bisa dapat 100-50 perak perklik :D! kalau anda bisa mendapatkan klik murah, berarti anda setara dengan kemampuan saya! (wew)

asumsi saya, jika anda menggunakan iklan adwords besar kemungkinan biaya perklik anda ada di kisaran 1000 sampai 500 perak! itu artinya anda akan mengeluarkan satu juta rupiah untuk mendapatkan 1000 pengunjung ke toko online anda :D kalau konversinya 10% dan jika profit dari rata rata produk yang anda dapatkan adalah 25 ribu rupiah! berarti dengan biaya iklan satu juta, anda bisa mendapatkan 1000 pengunjung! sementara konversi penjualan 10% profit 25 ribu! 1000x10%x25.000=2.500.000 berarti anda masih untung 1,5 juta rupiah! akan tetepi bagaimana jika konversi penjualan hanya 1% ? maka ini yang akan terjadi 1000x1%=25.000=250.000 :D anda rugi 750 ribu!

Mungkin saat ini sebagian dari anda ada yang sudah memahami bahwa konversi adwords bisa saja 1%, betul tidak ? :D ada banyak hal dan faktor! bisa saja konversi 1% di tingkatkan menjadi 10% dengan metode CRO, sebelumnya sudah saya menulis tentang CRO, jadi ente ubek-ubek aja halaman ane yang lain ;) btw ilmu CRO itu ilmu tingkat dewa loch brur! ;) bagaimana tidak konversi 1% bisa di rubah menjadi 10% ;) mungkin, kalau  anda biasa dapat sales 100/hari, kan bisa berubah menjadi 1000 sales/penjualan! ;) bule2 aja ngecharge biaya CRO itu 1 M, atau 100 ribu dolar! ( i am not joking here! )

kalau konversi adwords 1% ada kalanya hal tersebut bisa di optimalkan dengan metode implementasi CRO! akan tetapi ada beberapa kasus yang tidak bisa di optimal kan! sebagai contoh, bagaimana jika seseorang yang mencari produk yang anda jual melalui GOogle search bukanlah end user ? akan tetapi seorang reseller ? jika anda menyediakan program reseller, hal ini bisa sangat menguntungkan bagi anda! karena pastinya anda bisa mendapatkan banyak reseller! jika anda tidak menyediakan harga khusus reseller, saran saya adalah anda harus promosi kepada end user! yaitu dengan menggunakan FB ads! karena pada dasarnya pengunjung atau traffic dari facebook 90% adalah end user, dan kalau mereka ingin mencari perbandingan harga i.e reseller! pastinya mereka akan menggunakan Google search.
Sumber :  http://www.bisnisa.biz/

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com